Our Thoughts

Pelatihan Softskill Menuju Debater Sejati

Tim SMK dalam Lomba Debat Bahasa Inggris SMK tingkat Nasional

Tim SMK dalam Lomba Debat Bahasa Inggris SMK tingkat Nasional

Debater sejati adalah mereka yang punya mentalitas belajar dan mampu berpikir kritis. Hal inilah yang selalu On That Point tekankan pada saat melakukan pelatihan debat. Merupakan kesempatan menyenangkan bagi On That Point untuk dipercaya dalam memberikan pelatihan persiapan bagi perwakilan Jakarta di Lomba Debat Bahasa Inggris SMK tingkat Nasional.

Pada 20-24 September 2014, Bertempat di Basecamp On That Point Institute, Program soft skills training berupa pelatihan debat bagi Tim SMK Jakarta dilaksanakan. Demi peningkatan intensifitas pembelajaran, Tim SMK menginap di basecamp dan menghabiskan waktu dengan melakukan research tentang materi dan membahas Mosi secara bersama-sama.

Pelatihan ini merupakan bentuk persiapan bagi tim Jakarta dalam memenangkan Lomba Debat Bahasa Inggris SMK tingkat Nasional. Adapun hal yang diajarkan selama lima hari ini diantaranya tentang bagaimana membuat kasus, strategi, elaborasi dan sanggahan.

“Kesulitan yang dihadapi tim SMK Jakarta adalah relevansi. Kebanyakan belum bisa membedakan mana fakta atau penjelasan yang mendukung Assertion mereka atau langsung mendukung motion yang sebenarnya bisa digunakan untuk menyusun argument baru.” Ujar Bryan Gunawan, CEO On That Point Institute.

Adapun Pelatihan intensif yang dilakukan oleh On That Point Institute diantaranya, pengajaran teknik berargumen dan rebuttal, dimana tim SMK diajarkan untuk mendengar dan mencatat serta menelaah susunan argument lawan. Tim SMK lebih banyak melakukan praktek-praktek debat yang didasari dari teori debate yang diajarkan. Seperti, bagaimana membangun kasus atau menyusun kasus prime minister, cara mengidentifikasi kata kerja dan object dari motion, cara melihat motion secara multi-perspectives, cara menganalisa para pihak yang terkena imbas dari motion, membuat kasus, strategi, elaborasi dan sanggahan.

Pelatihan juga dilengkapi dengan elemen sparring dan simulasi yang lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan kemampuan mereka satu langkah untuk menjadi debater sejati. (FH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered By