Uncategorized

Mata Hati, Mata Tuhan, Butanya Manusia

“Tuhan saja memaafkan, masa umatNya tidak? “Satu dari sekian banyak ungkapan yang mengisyaratkan bahwa umat haruslah melakukan sesuatu karena Tuhan mereka saja bisa melakukannya. Jujur gw bukanlah orang yang paling religius sedunia. Gw hanyalah orang yang berusaha berbuat baik, malah kadang – kadang  tanpa berpikir apakah kebaikan ini bisa meringankan timbangan kebaikan gw kelak di akhirat […]

Di balik #publicspeaking: Konsep #artisticspeaking

Kata orang, kalau kita gak bisa public speaking, maka kita gak layak tampil untuk berbicara di depan. This got me thinking for quite some time. Is it really true? Sebenarnya masalah kita apa, sih? Banyak dari kita yang tidak terlahir dengan kemampuan penyampaian yang dipandang menarik. Belum tentu pula kita terlahir dengan the so-called talent […]

Cara Memberikan Umpan Balik dengan Baik (Bahasa)

Kita telah pahami bahwa memberikan umpan balik (feedback) itu penting.Tapi pernahkah kamu mendapatkan kritikan seperti atau memberikan kritikan yang seperti ini? eh, tadi lo penampilannya jelek banget! Males deh ngeliatnya..” Siapapun yag menerimanya pasti akan merasa snagat tidak enak hati dan yang memberikan pun tidak seharusnya menyampaikannya dengan cara seperti itu karena dapat menyinggung. Nah, […]

Komentar adalah ‘Hadiah’ (Bahasa)

Feedback is the breakfast of champions. (Kenneth Blanchard) Proses komunikasi yang baik tentunya akan menciptakan hubungan yang harmonis antarsesama. Dimana di dalamnya terjalin keselarasan kepentingan di antara para aktor yang terlibat. Tidak dapat dipungkiri, tidak selamanya interaksi yang terjadi dalam proses tersebut sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Oleh karena itulah umpan balik (feedback) memegang peranan […]

Kepemimpinan dalam Situasi Ekstrim (Bahasa)

Hmmm sepertinya berat banget isi artikel kita kali ini. Mungkin saja, tapi yang pasti ini kan berguna buat kamu yang sedang aktif diorganisasi atau berada dalam sebuah tim kerja tertentu. Sebuah tim terbentuk tentunya dengan tujuan tertentu. Tim ini pasti punya sesuatu yang ingin diraih. Seperti yang kita tahu bekerja dengan tim selalu saja menyimpan […]

o-INTRODUCE-KID-TO-NEW-LOVE-facebook

Pertemuan Pertama (Bahasa)

Mungkin kita pernah berada dalam suatu kondisi dimana kita bertemu orang baru di suatu tempat, tapi bingung bagaimana memulai pembicaraan dengan orang tersebut. Biasanya, dalam kondisi seperti itu, kita pada akhirnya merasa canggung untuk mengobrol dan mencairkan suasana. Padahal, memulai pembicaraan dengan orang baru tanpa merasa canggung adalah skill yang penting agar kamu bisa membangun […]

5 years

OTP 5 years 40% discount offer

For 5 years, On That Point Institute of Artistic Speaking has dedicated ourselves to train for better communication and freedom of expression. This time around – we are offering Business English Mentorship Program! With only 30 million (before it was 50 million) rupiah, you get 24 sessions @6 hours session (2 hours mentoring and 4 self-learning […]

Paris_Roman_Building

Budaya Demokrasi (Bahasa)

Dalam negara yang menganut sistem politik demokrasi, rakyat atau warga negara merupakan aktor utama di dalamnya. Demokrasi merupakan sistem politik yang asas-asasnya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Untuk dapat terus menjaga budaya demokrasi yang ideal di dalam suatu negara, dari segi masyarakat sendiri haruslah mengetahui apa saja praktek demokrasi yang dapat dilakukan. […]

michelle-obama-dnc-fasion-600x400

Inspirational Speech: Michelle Obama’s Secret Part 2

As expressed previously, this article will reveal Michelle Obama secret in winning US citizen heart through her speech. This article will based its analysis using ‘inspirational speech theory from Doug Stevenson. Here we go… 1. Make your story their story Unless a common speech delivered with acknowledgement opening, Michelle Obama opened her speech about her […]

michelle-obama-dnc-fasion-600x400

Inspirational Speech: Michelle Obama’s Secret Part 1

In this article we will learn from an inspirational figure about how to craft an inspirational speech. She is Michelle Obama- The wife of Barrack Obama, Mother of Malia and Sasha and First Lady of The United State of America. For us who are interested in international politic or learning about political speech must have […]

27287cf

Menikmati Berpresentasi (Bahasa)

Siapa yang tidak pernah presentasi? Di era pendidikan seperti sekarang menjelaskan materi atau yang sering disebut presentasi sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran, bertemu klien, atau menjelaskan ide seru ke teman atau konsep kerjasama program kepada perusahaan pasti menggunakan presentasi. Tapi tidak semua orang bisa melakukan presentasi dengan nyaman. On That Point hari ini […]

negativelabels

Berbicara pada diri sendiri (Bagian 2) (Bahasa)

Masih tentang Komunikasi Intrapersonal. Masih ingat tentang Komunikasi Intrapersonal? Kamu pasti pernah terdiam / termenung sendiri serta bertanya-tanya tentang ini dan itu. Menjawab pertanyaan atau hanya berbicara sendiri dalam pikiran. Jika kamu merasa pernah melakukannya, itu berarti kamu telah melakukan topik yang dibahas pada artikel minggu lalu yaitu, Komunikasi Intrapersonal. Komunikasi merupakan suatu proses dalam […]

Berbicara pada diri sendiri (Bagian 1) (Bahasa)

Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Atau apakah kamu kemarin menggerutu karena kemacetan Jakarta? Itu yang disebut dengan komunikasi intrapersonal. Apakah kalian tahu tentang komunikasi intrapersonal? Komunikasi intrapersonal bisa dikatakan sebagai “berbicara dengan diri sendiri’. Sadarkah kalian ketika berbicaran dengan diri sendiri untuk membuat keputusan, melakukan sesuatu atau memecahkan masalah,  berarti kalian telah melakukan proses komunikasi […]

Fashion your words

Speaking is not as easy as it looked. It needs speaker’s ability and also attention from the people that we want to talk to. To get those attentions, we need to be someone who can taking more attention from people, being the interesting one. On That Point believes speaking is like an art. When talking […]

936728_10201018019438106_1689724166_n

Pertemuan Pertama (bahasa)

Mungkin kita pernah berada dalam suatu kondisi dimana kita bertemu orang baru di suatu tempat, tapi bingung bagaimana memulai pembicaraan dengan orang tersebut. Biasanya, dalam kondisi seperti itu, kita pada akhirnya merasa canggung untuk mengobrol dan mencairkan suasana. Padahal, memulai pembicaraan dengan orang baru tanpa merasa canggung adalah skill yang penting agar kamu bisa membangun […]

wk94L

Don’t get stuck!

Lagi kehabisan ide? Heran dengan orang yang sepertinya sangat mudah dalam mendapatkan ide atau bisa berbicara mengenai banyak hal? Atau kamu merasa ide kamu monoton dan itu-itu saja? Benar sekali bahwa research itu penting dan keberadaan tehnologi seperti laptop dan sambungan internet telah sangat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Namun ada kalanya […]

valentine

Ungkapkan cintamu (Bahasa)

Hi all! Tepat di hari valentine ini kita akan berbagi beberapa trik mengungkapkan cinta khusus buat kalian semua. Bukan hanya cinta yang terkait sama pasangan , tips ini berlaku untuk semua yang ingin mengungkapkan kasih sayangnya pada siapapun. Kita akan membahas berbagai cara untuk mengkomunikasikan rasa sayang pada orang yang kita cintai. Mengekspresikan dan mengkomunikasikan […]

936728_10201018019438106_1689724166_n

Westra: Kreativitas 101 (Bahasa)

Halo semua! Gimana nih satu bulan di awal 2014 ini, apakah ada hal-hal seru yang kalian lakukan? Atau melakukan hal-hal baru yang belum pernah kalian lakuin tahun lalu? Kalau belum, kayaknya kita harus berusaha menjadi  lebih kreatif supaya hidup kita lebih berwarna. Kreatif dari segi apa? Dari segala sisi tentunya! Kreatif dari cara kita berfikir, […]

jobs-jpg

Steve Jobs: The Presentation

You must know Steve Jobs. Most probably you also alredy read his biography and using Apple product. No doubt that he deserves the genius title, not only for making unbelievable products of Apple but also by marketing it in exceptional way. Beside all of the incredible apple store and ads, Steve Jobs is also always […]

nurul

Nurul Djanah: Inspiration for life and achivements

In this last 5 years, she has been going through up and down on life while also seizing a bunch of achievements. She is Nurul Djanah, Best Delegate and Best Position Paper of ECOSOC IndonesiaMUN 2012,  twice Novice Champion in National Debate Competition, a co-coach at IDEA Debate and Media Summer Camp 2012. Currently, she […]

Powered By